SISTEM INFORMASI DALAM BIDANG EKONOMI BISNIS (E-COMMERCE)
Pada era global ini banyak sekali orang yang memanfaatkan perkembangan teknologi terutama di bidang ekonomi bisnis.yang kita ketahui bahwa bisnis merupakan salah satu sektor perekonomian kita paling banyak diminati oleh masyarakat.Di era demikian tersebut lah banyak di picu oleh teknologi infomasi (TI) yang mempercepat dan keakuratan dalam mecatat informasi dalam pengelolahan data.
Di sebuah desa yang terletak di daerah jawa tengan indonesia,di desa tersebut yang paling bepotensi adalah di bidang pertanian mengingat tanah nya yang subur dan terdapat jalur irigasi dari kedung ombo,namun terdapat masalah yang berhubungan dengan pertanian salah satunya masalah pemasaran hasil pertanian yang tidak berpihak oada petani karena tidak mengetahui tentang pasar sebagai tempat bertemunya produsen dan konsumen termasuk harga pasar,permintaan dan penawaran,sehingga para petani produsen hanya dapat menerima harga pasarr pada umumnyaditentukan para pedagang perantara.
Dari masalah ini ilmu tekonologi informasi menanamkan teknologinya agar bisa membantu para petani dalam memasarkan hasil pertaniannya,dalam sistem ini bisa di sebut dengan”Sistem Informasi E-commerce pemasaran hasil pertanian Kluwan Berbasis WEB”.
1. Dasar Teori
a. Sistem
Sistem adalah satu kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain yang berusaha mencapai satu tujuan dalam lingkungan kompleks.
b. E-commerce
E-commerce menurut Turban (2010) ialah “proses membeli dan menjual atau tukar menukar produk, jasa atau informasi melalui komputer” sedangkan menurut laudon(2010), e-commerce adalah penggunaan internet dan web untuk transaksi atau lebih formal e-commerce didefinisikan sebagai transaksi perdagangan yang di mungkinkan secara digital antar organisasi dengan organisasi atau dengan individual serta antar individual dengan individual.
c. Pemasaran
Pengertian /Definisi Pemasaran - Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya.Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen.
d. Konsumen
Website adalah keseluruhan halaman halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi. Sebuah website biasanya dibangun atas banyak halaman web web yang saling berhubungan (Yuhefizar,2009).
e. Php
Pengertian PHP menurut (Suryatiningsih, 2009), “PHP adalah bahasa scripting yang menyatudengan HTML dan dijalankan pada serverside.Artinya semua sintax yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yangdikirimkan ke browser hanya hasilnya saja.”
f. MySQL
Pengertian MySql menurut (Kadir, 2009), “MySql merupakan software yang tergolong database server dan bersifat Open Source.
2. Kesimpulan
Dari hasil pengamatan dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut :
1).Dengan adanya sistem informasi pemasaran hasil pertanian berbasis web, akan lebih memudahkan petani dalam menjual hasil pertanian mereka, sehingga petani akan lebih menghemat waktu serta biaya yang di keluarkan untuk mendapatkan pedagang yang akan membeli hasil pertanian yang mereka tanam, dan dapat lebih membantu pemerintah desadalam mensejahterakan petani didesa tersebut.
2).Dengan diterapkanyasistem informasi pemasaran hasil pertanian dapat memberikeakuratan dalam jumlah hasil pertanian di desa kluwan, sehingga memudahkan pemerintah dalam mengatur kebijakan yang nantinya di terapkan bagi para petani didesa kluwan.
3).Dengan adanya sistem informasi ini, data hasil pertanian dapat terpantau dengan baik, sehingga saat pimpinan ingin mengetahui hasil penjualan perperiode dapat dilaporkan dengan cepat.
Daftar pustaka
http://fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2010/01/maxi-maruf_5.pdf
Daftar pustaka
http://fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2010/01/maxi-maruf_5.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar